Menu

Mode Gelap
Pentingnya Dukungan Teknologi untuk Meningkatkan Efektivitas Penggunaan Rempah di Aceh Menurut Kemenko PMK Dokter Pur Menginginkan Agar Program JKA Tetap Berjalan Tanpa Henti Demi Kebaikan Masyarakat Aceh Simeulue Memimpin Produksi Cengkeh untuk Mendukung Tema PKA KE-8 Wali Kota Lhokseumawe Mendorong BUMN dan Bank untuk Meningkatkan Kontribusi Mereka dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Sekretaris Daerah Memimpin Pertemuan Persiapan PKA di Anjungan Aceh Besar

SUARA PEMDA · 7 Oct 2023 09:00 WIB ·

Banjir Melanda Aceh Utara, Tiga Kecamatan Terdampak


 Banjir rendam sebagian pemukiman di Aceh Utara. Foto: AJNN/Putri Zuhra Furna. Perbesar

Banjir rendam sebagian pemukiman di Aceh Utara. Foto: AJNN/Putri Zuhra Furna.

Aceh Utara – Hujan lebat yang mengguyur Aceh Utara pada Jumat, 6 Oktober 2023, menyebabkan banjir meluas di tiga kecamatan, yaitu Matangkuli, Pirak Timu, dan Tanah Luas.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Saiful, banjir mulai menggenangi pemukiman warga sekitar pukul 05.00 WIB, dengan ketinggian air berkisar antara 20 hingga 60 sentimeter.

Saiful menyebutkan bahwa di Kecamatan Matangkuli, terdapat 13 gampong yang terendam banjir, sedangkan di Pirak Timu terdapat empat gampong, dan di Tanah Luas terdapat tiga gampong yang terdampak.

Akibat dari bencana alam ini, sebagian warga memilih untuk mengungsi ke Meunasah sebagai tindakan antisipasi terhadap potensi kenaikan debit air yang lebih tinggi.

“Debit air sungai masih tinggi, kami telah meminta Muspika untuk terus melaporkan perkembangan situasi, sementara petugas terus memantau,” ujar Saiful.

Sebelumnya, seorang warga dari Gampong Rayeuk Kuta, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara bernama Sri Tuti mengatakan bahwa banjir yang diduga berasal dari hujan tiba-tiba merendam daerahnya sekitar pukul 15:00 WIB.

“Tidak ada hujan deras sebelumnya, tiba-tiba terjadi banjir dengan ketinggian air mencapai 30 hingga 60 sentimeter,” kata Tuti kepada AJNN.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Simeulue Memimpin Produksi Cengkeh untuk Mendukung Tema PKA KE-8

5 November 2023 - 10:00 WIB

Wali Kota Lhokseumawe Mendorong BUMN dan Bank untuk Meningkatkan Kontribusi Mereka dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani

4 November 2023 - 13:00 WIB

Sekretaris Daerah Memimpin Pertemuan Persiapan PKA di Anjungan Aceh Besar

3 November 2023 - 10:00 WIB

Masyarakat Blokir Tempat Pembuangan Akhir, Sejumlah Ratusan Ton Sampah Menyumbat di Takengon

30 October 2023 - 15:00 WIB

Mengatasi Masalah Pendangkalan, Dinas Perikanan sedang melakukan Penggalian untuk Membersihkan Jalur Pelayaran Kapal di Perairan Anak Laut.

28 October 2023 - 13:00 WIB

Strategi Inovatif Pemanfaatan Limbah Pertanian untuk Meningkatkan Kualitas Udara

27 October 2023 - 10:00 WIB

Trending di PERTANIAN