Menu

Mode Gelap
Pentingnya Dukungan Teknologi untuk Meningkatkan Efektivitas Penggunaan Rempah di Aceh Menurut Kemenko PMK Dokter Pur Menginginkan Agar Program JKA Tetap Berjalan Tanpa Henti Demi Kebaikan Masyarakat Aceh Simeulue Memimpin Produksi Cengkeh untuk Mendukung Tema PKA KE-8 Wali Kota Lhokseumawe Mendorong BUMN dan Bank untuk Meningkatkan Kontribusi Mereka dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Sekretaris Daerah Memimpin Pertemuan Persiapan PKA di Anjungan Aceh Besar

PERTANIAN · 16 Sep 2023 10:00 WIB ·

Pemkab Aceh Selatan Berikan Dukungan Ketahanan Pangan dengan Salurkan Benih Jagung dari Pemerintah Pusat


 Pemkab Aceh Selatan Berikan Dukungan Ketahanan Pangan dengan Salurkan Benih Jagung dari Pemerintah Pusat Perbesar

Aceh Selatan – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Pertanian telah mengalokasikan benih jagung dari bantuan pemerintah pusat untuk ditanam di area seluas 2.656 hektare.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Selatan, Nyaklah, menjelaskan bahwa distribusi benih jagung ini merupakan langkah untuk meningkatkan ketersediaan pangan di wilayah tersebut.

“Total lahan yang akan ditanami benih jagung ini sekitar 2.656 hektare, terbagi menjadi dua bagian, yaitu 500 hektare dan 2.156 hektare, yang bersumber dari APBN 2023,” ujar Nyaklah.

Jumlah benih jagung yang disalurkan mencakup 32 ribu kilogram varietas Pioneer 35 dan 3.000 kilogram varietas Pertiwi 2. Produktivitas benih jagung ini diperkirakan mencapai tujuh hingga delapan ton.

Selain memberikan kontribusi pada ketahanan pangan, penyaluran benih jagung juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Penanaman benih jagung dilakukan di lahan tidur dan lahan tumpang sari dengan tanaman lain di berbagai kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan.

“Kami berupaya memanfaatkan lahan tidur di berbagai wilayah Kabupaten Aceh Selatan untuk penanaman benih jagung ini. Harapannya, bantuan dari pemerintah pusat ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Nyaklah juga menyebutkan beberapa kecamatan yang menjadi lokasi penanaman benih jagung, termasuk Pasie Raja, Kluet Utara, Kluet Tengah, Kluet Selatan, Kluet Timur, Bakongan, Bakongan Timur, Trumon, Trumon Tengah, dan Trumon Timur.

Ia menegaskan bahwa dana dari pemerintah pusat untuk penanaman benih jagung ini hanya boleh digunakan di lahan tidur atau lahan tumpang sari dengan tanaman kelapa sawit yang belum memasuki masa panen.

“Kami tidak mengizinkan benih jagung dari bantuan pemerintah pusat ini ditanam di lahan produktif seperti persawahan, kecuali jika ditanam secara mandiri atau swadaya,” tegas Nyaklah.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pentingnya Dukungan Teknologi untuk Meningkatkan Efektivitas Penggunaan Rempah di Aceh Menurut Kemenko PMK

7 November 2023 - 10:00 WIB

Simeulue Memimpin Produksi Cengkeh untuk Mendukung Tema PKA KE-8

5 November 2023 - 10:00 WIB

Wali Kota Lhokseumawe Mendorong BUMN dan Bank untuk Meningkatkan Kontribusi Mereka dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani

4 November 2023 - 13:00 WIB

Sekretaris Daerah Memimpin Pertemuan Persiapan PKA di Anjungan Aceh Besar

3 November 2023 - 10:00 WIB

Pertambangan Emas di Aceh Tengah Berdampak pada Aceh Utara dan Timur

31 October 2023 - 10:00 WIB

Masyarakat Blokir Tempat Pembuangan Akhir, Sejumlah Ratusan Ton Sampah Menyumbat di Takengon

30 October 2023 - 15:00 WIB

Trending di SUARA PEMDA