Menu

Mode Gelap
Pentingnya Dukungan Teknologi untuk Meningkatkan Efektivitas Penggunaan Rempah di Aceh Menurut Kemenko PMK Dokter Pur Menginginkan Agar Program JKA Tetap Berjalan Tanpa Henti Demi Kebaikan Masyarakat Aceh Simeulue Memimpin Produksi Cengkeh untuk Mendukung Tema PKA KE-8 Wali Kota Lhokseumawe Mendorong BUMN dan Bank untuk Meningkatkan Kontribusi Mereka dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Sekretaris Daerah Memimpin Pertemuan Persiapan PKA di Anjungan Aceh Besar

SUARA PEMDA · 24 Aug 2023 15:00 WIB ·

Aktivitas Ilegal Penambangan Emas di Aceh Barat Diduga Dasih Berlangsung Meskipun Sebelumnya Polda Telah Melakukan Tindakan Penindakan.


 Aktivitas tambang emas yang diduga ilegal di Gampong Sakuy, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat. Perbesar

Aktivitas tambang emas yang diduga ilegal di Gampong Sakuy, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat.

Aceh Barat – Di kawasan hutan Kabupaten Aceh Barat, aktivitas penambangan emas ilegal kembali dilanjutkan. Ini mengejutkan mengingat bahwa aktivitas tersebut sebelumnya telah dihentikan setelah tindakan penindakan oleh Dit Reskrimsus Polda Aceh.

Dalam sebuah video amatir berdurasi 21 detik yang diperoleh oleh AJNN pada tanggal 23 Juni 2023, terlihat aktivitas penambangan emas ilegal yang berlangsung besar-besaran. Lokasi penambangan diduga berada di Gampong Sakuy, Kecamatan Sungai Mas.

Video tersebut memperlihatkan empat alat berat yang tengah melakukan penambangan dalam lubang tambang. Di sekitar lokasi juga terlihat tenda biru sebagai tempat pendukung aktivitas tersebut.

Selain itu, terlihat pula penggunaan alat-alat seperti selang dan mesin penyedot air yang terpasang di atas rakit di sebuah kolam.

Dalam rekaman video tersebut, alat berat terlihat tertata secara berjenjang, di mana satu alat berdekatan dengan kolam dan diikuti oleh tiga alat lainnya yang berada di atasnya pada tempat yang sama. Di sebelahnya, terlihat sebuah asbuh atau alat pemisah emas dari tanah yang terbuat dari kayu.

Hingga saat ini, belum menerima keterangan resmi dari pihak kepolisian mengenai video ini. Meskipun telah mencoba menghubungi Kasi Humas Polres Aceh Barat melalui WhatsApp, namun belum ada tanggapan yang diberikan. Begitu juga dengan keuchik di Gampong Sakuy, yang tampaknya tidak dapat memberikan keterangan mengenai hal ini.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Simeulue Memimpin Produksi Cengkeh untuk Mendukung Tema PKA KE-8

5 November 2023 - 10:00 WIB

Wali Kota Lhokseumawe Mendorong BUMN dan Bank untuk Meningkatkan Kontribusi Mereka dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani

4 November 2023 - 13:00 WIB

Sekretaris Daerah Memimpin Pertemuan Persiapan PKA di Anjungan Aceh Besar

3 November 2023 - 10:00 WIB

Masyarakat Blokir Tempat Pembuangan Akhir, Sejumlah Ratusan Ton Sampah Menyumbat di Takengon

30 October 2023 - 15:00 WIB

Mengatasi Masalah Pendangkalan, Dinas Perikanan sedang melakukan Penggalian untuk Membersihkan Jalur Pelayaran Kapal di Perairan Anak Laut.

28 October 2023 - 13:00 WIB

Strategi Inovatif Pemanfaatan Limbah Pertanian untuk Meningkatkan Kualitas Udara

27 October 2023 - 10:00 WIB

Trending di PERTANIAN