Menu

Mode Gelap
Pentingnya Dukungan Teknologi untuk Meningkatkan Efektivitas Penggunaan Rempah di Aceh Menurut Kemenko PMK Dokter Pur Menginginkan Agar Program JKA Tetap Berjalan Tanpa Henti Demi Kebaikan Masyarakat Aceh Simeulue Memimpin Produksi Cengkeh untuk Mendukung Tema PKA KE-8 Wali Kota Lhokseumawe Mendorong BUMN dan Bank untuk Meningkatkan Kontribusi Mereka dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Sekretaris Daerah Memimpin Pertemuan Persiapan PKA di Anjungan Aceh Besar

PENDIDIKAN · 5 May 2021 09:15 WIB ·

Sekolah di Banda Aceh Tetap Gelar Belajar Tatap Muka Selama Ramadhan 2021


 Sekolah di Banda Aceh Tetap Gelar Belajar Tatap Muka Selama Ramadhan 2021 Perbesar

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banda Aceh, Saminan, mengatakan dalam bulan suci Ramadhan 2021 belajar tatap muka tetap dilaksanakan bagi siswa SD dan SMP negeri maupun swasta.

Hal itu disampaikan melalui surat edaran nomor 042.5/A.4/1083 tanggal 6 April 2021 atau bertepatan dengan 22 Sya’ban 1442 H, yang ditujukan kepada seluruh kepala PAUD, SD, SMP, SPNF dan PKBM negeri/swasta se-Kota Banda Aceh.
Surat tersebut berisikan tentang kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan pelaksanaan ujian sekolah di bulan Ramadhan Tahun 1442 H.

“Seluruh satuan pendidikan diliburkan mulai tanggal 12-17 April 2021 dan kegiatan pembelajaran tatap muka dimulai 19 April hingga 8 Mei 2021. Libur hari raya Idul Fitri 1442 H mulai tanggal 10 sampai dengan 18 Mei 2021 dan sekolah kembali pada 19 Mei 2021,” kata Saminan, Selasa (12/4).

Saminan menjelaskan, peserta didik PAUD dan SD kelas I hingga III diliburkan seluruhnya. Peserta didik kelas IV dan V SD, kelas VII dan VIII SMP, serta program paket A,B dan C mengikuti PTM sebagaimana biasanya dengan sistem shift/kelompok.

Diawali Pelajaran Tahfidz Quran
Pembelajaran dimulai pukul 08 hingga 12.00 WIB, setiap hari pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan pelajaran Tahfidz Quran selama 30 menit, pelaksanaan salat sunat Duha dan kemudian dilanjutkan dengan aktivitas pembelajaran lainnya.

“Sementara itu, SD kelas VI dan SMP kelas IX setelah selesai pelaksanaan ujian dapat dilanjutkan dengan pelaksanaan remidial, penugasan dan bentuk aktivitas lainnya untuk perbaikan/penyempurnaan nilai kelulusan peserta didik,” ujarnya.

Saminan menuturkan, pendataan kehadiran peserta didik, guru dan tenaga kependidikan tetap dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku termasuk kepada guru yang mengajar di PAUD, SD kelas rendah dan SMP kelas IX dan Pamong Belajar untuk program kesetaraan tetap melaksanakan tugas sesuai ketentuan.

Pendidikan Agama Islam Khusus Ramadhan
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, menyebutkan terhitung sejak 19 April hingga 6 Mei 2021 pihaknya juga bakal menerapkan kegiatan kurikuler Pendidikan Agama Islam di sekolah khusus bulan Ramadhan.

“Kegiatan ‘Dinul Islam Ramadhan’ ini sangat strategis agar peserta didik dapat lebih memahami dan mengamalkan ajaran Islam di sekolah, sekaligus membentengi mereka dari segala tindakan yang bertentangan dengan norma agama,” ujar Alhudri dalam keterangannya.

Masing-masing satuan pendidikan diminta menentukan jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut, serta terkait mekanismenya juga diserahkan ke masing-masing lembaga.

“Tentunya setelah ada musyawarah bersama pihak sekolah dan kepala cabang Disdik di masing-masing wilayah,” katanya.
Alhudri menegaskan, kegiatan Dinul Islam Ramadhan itu digelar tatap muka, dengan tetap menaati protokol kesehatan. Nantinya, pembiayaan untuk kegiatan tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah.

“Biayanya melalui sumber anggaran yang sesuai dan tidak dibebankan kepada peserta didik,” pungkasnya.

Sumber

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kunjungan Silaturahmi Anies Baswedan ke Pondok Pesantren Daar el-Qolam

25 October 2023 - 19:00 WIB

Merayakan Hari (WCD), Pj Gubernur Achmad Marzuki Mendorong Masyarakat Untuk Mengurangi Penggunaan Plastik.

24 September 2023 - 10:00 WIB

Disdik Aceh Menggelar Perayaan Hardikda 2023 Dengan Menanam Satu Juta Pohon untuk Semarak Acara Tersebut.

1 September 2023 - 15:00 WIB

Sebanyak 18 Kadis Aceh Barat Turut Serta dalam Ujian Kompetisi di Banda Aceh.

28 August 2023 - 15:00 WIB

Sandiaga Uno Ajak Anak Muda Aceh Sekolah Pariwisata untuk Belajar Wisata Halal

5 May 2021 - 14:39 WIB

Trending di LIFESTYLE